Cara Menghilangkan Kerak dan Berkapur

Cara baru menghilangkan kerak dan berkapur yang adak di rumah ataupun lingkungan sekitarnya anda. Kerak kapur pada perabotan dan kamar mandi sering menjadi masalah bagi para penduduk sekitar gunung kapur. Ketahui cara menghilangkan kerak kapur di sini.
Secara rutin kikis kerak kapur memakai produk pembersih khusus, seperti Vixal dan Domestos, guna mencegahnya terakumulasi dan menjadi lebih sulit disingkirkan. Ikuti petunjuk pemakaian pada label kemasan produk dan tes di bagian kecil yang tersembunyi terlebih dulu.
Kerak kapur merupakan endapan kalsium yang ditemukan pada permukaan perlengkapan rumah tangga yang sering bersentuhan dengan air. Endapan kalsium lebih tebal sering ditemukan di area yang memiliki kandungan zat kapur tinggi, misalnya di sekitar gunung kapur. Meskipun menyebalkan, kerak kapur bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dihilangkan. Endapan kapur yang keras sekalipun bisa dikikis dengan cairan pembersih kerak kapur yang tepat.

Cairan Penghilang Kapur yang Mengendap dan Mengerak

Berbagai bahan dapur bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerak kapur secara efektif. Campuran setengah bagian cuka dan setengah bagian air sesuai untuk mengikis kerak kapur pada panci air atau cerek. Perasan jeruk lemon juga bisa menjadi pilihan. Selain bahan-bahan alami tersebut, tersedia juga berbagai produk cairan penghilang kapur siap pakai yang efektif untuk menghilangkan masalah kerak kapur pada toilet, bak kamar mandi, dan wastafel.

Cara Menghilangkan Kapur yang Mengerak pada Perabotan

Menghilangkan kerak kapur pada panci air dan cerek:
  • Isi panci air atau cerek dengan campuran air dan cuka hingga merendam bagian yang berkerak.
  • Nyalakan cerek elektronik atau panaskan panci air di atas kompor hingga cairannya mendidih, lalu diamkan semalaman.
  • Pada keesokan paginya, kosongkan panci atau cerek, lalu bilas.
Di pasaran tersedia cairan pembersih kerak kapur khusus untuk peralatan memasak. Untuk peralatan dapur, hindari penggunaan produk penghilang kerak kapur untuk kamar mandi.
Menghilangkan kerak kapur di mesin cuci:
  • Kosongkan tabung mesin cuci.
  • Tuang secangkir cairan penghilang kerak kapur pilihan Anda ke dalam tabung mesin cuci bukaan atas atau laci mesin cuci bukaan depan.
  • Jalankan mesin cuci pada putaran biasa hingga selesai.

Cara Menghilangkan Zat Kapur pada Air yang Mengendap di Bak Mandi

Terdapat dua lokasi paling favorit kerak kapur di kamar mandi, yaitu di keran dan permukaan bak mandi. Coba beberapa tips ini:
  • Jika bak mandi Anda terbuat berlapis ubin keramik atau porselen, cuka efektif menghilangkan kerak kapur pada permukaannya. Untuk kerak yang lebih tebal dan keras, gunakan cairan penghilang kerak siap pakai.
  • Tuangkan cuka atau produk penghilang kerak hanya di bagian yang berkerak, biarkan beberapa saat, lalu sikat atau gosok bagian tersebut.
Cara menghilangkan kerak air

Cara Menghilangkan Zat Kapur pada Air yang Mengendap di Sekitar Keran

Keran merupakan lokasi yang rentan menjadi tempat endapan zat kapur air dan cara menghilangkannya bisa jadi cukup sulit karena bentuk keran yang tidak rata. Beberapa trik berikut ini patut Anda coba:
  • Basahi selembar kain bersih berukuran secukupnya dengan produk cairan pembersih kerak, seperti Vixal.
  • Bungkus keran dengan kain yang basah kuyup tersebut. Coba agar seluruh bagian keran terkena cairan penghilang kapur.
  • Isi cangkir dengan cairan pembersih untuk merendam bagian ujung keran. Pakai sehelai kain untuk mengikat cangkir menyatu dengan keran agar ujung keran tetap terendam.
  • Biarkan hingga satu jam.
  • Gosok kerak membandel yang tersisa memakai spons yang tidak menggores.

Cara Menghilangkan Kapur yang Mengerak di WC Duduk

Ada bagian-bagian pada WC duduk yang sulit dijangkau untuk membersihkan kerak kapurnya, yaitu bagian dalam di bawah pinggiran mangkuk toilet.
  • Kucurkan produk penghilang kerak kapur di sepanjang bagian bawah pinggiran mangkuk WC dan ke dalam mangkuknya juga.
  • Biarkan selama setidaknya setengah jam sebelum menyiramnya.
  • Anda bisa memakai batu apung untuk menggosok kerak kapur. Hanya gosok keraknya agar tidak menggores permukaan WC.
  • Untuk kerak yang sangat membandel, gunakan produk yang mengandung trisodium phospate atau boraks.
  • Produk apa pun yang Anda pakai, selalu baca petunjuk pemakaian pada kemasannya dan coba di bagian kecil yang tersembunyi terlebih dulu serta kenakan sarung tangan karet untuk melindungi kulit tangan Anda.
Membiarkan cairan pembersih kerak bekerja membuat kerak semakin mudah dihancurkan. Semakin lama Anda mendiamkannya, semakin sedikit tenaga yang Anda perlukan untuk menggosok kerak. Mengikis kerak kapur secara rutin ketika membersihkan rumah mencegahnya menumpuk dan semakin sulit dihilangkan.

sumber: www.bersihbersih.com

0 Response to "Cara Menghilangkan Kerak dan Berkapur"

Posting Komentar